Sosialisasi Inklusif 2019

 

RiauKepri.com, PEKANBARU– SMA Negeri 4 Kota Pekanbaru menjadi tempat diselengarakan workshop sosialisasi peningkatan mutu guru penyelenggara pendidikan inklusif.

Dipilihnya SMAN 4 Pekanbaru tempat workshop oleh Kemdikbud, karena sekolah yang dipimpin Hj. Yan Khoriana M.Pd, ini mampu memahami dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada proses pembelajarannya, dan gurunya mampu memodifikasi kurikulum pada proses penbelajarannya.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman tentang penanganan anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak ada yang menginginkan anaknya menjadi disabilitas,” kata Kepsek Yan Khoriana.

Untuk itu, sambung seniman teater itu, semua pihak harus mampu memahami dalam menangani anak disabilitas saat menjalani proses pembelajarannya. “Alhamdulillah, guru kita mampu memodifikasi kurikulum dan proses penbelajaran,” katanya.

SMAN 4, beber Yan Khoriana, sudah tercatat mempertunjukan prestasi hebat dari anak inklusif yang telah dibina. Ada nama Claudya Fritscha yang mampu juara 3 catur nasional di paralimpic dan finalis RCTI idol dengan suara emasnya, serta juara dalam matapelajaran matematika.

Selain itu, sambung Yan Khoriana, ada nama M. Hafizd anak autis yang juara olimpiade fisika. “SMAN 4 Pekanbaru ini adalah satu-satunya sekolah inklusif tingkat SMA di Provinsi Riau,” ujar pemeran emak dalam film pendek berjudul “Ibu Merindu.”

Helat workshop di SMAN 4 Pekanbaru itu berlangsung pada 30 Juli hingga 1 Agustus 2019. Peserta berjumlah lebih kurang 60 orang, termasuk panitia dan narasumber dari Kemdikbud sub PKPLK, dan ditambah nara sumber dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Kegiatan yang berlangsung interaktif dan semangat tinggi dari seluruh peserta itu, menambah wawasan guru dan masyarakat tentang pendidik inklusif.

Adapun sekolah yang terlibat dalam helat itu, SD 42, SD 112, SD Islam YLPI, SMP 8, SMP 21, SMP 25, SMA 14 , dan SMA 4, termasuk orangtua, pengawas, dan tokoh masyarakat. (RK1/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *