Sumpah Pemuda 2018

Hari Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober  tahun 1928 silam. Hari sumpah pemuda 2018 kembali diperingati setiap tanggal 28 Oktober.  Hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 2018 mengingatkan kembali akan perjuangan para pemuda untuk mempersatukan bangsa. Pada 28 Oktober nanti Sumpah Pemuda telah menginjak angka 90 tahun.

Berikut isi sumpah pemuda yang telah di gagas..

 “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.”

Dikutip dari laman Grid ID, Kongres Pemuda II merupakan kongres pergerakan pemuda Indonesia  yang digelar di Batavia (Jakarta) pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres ini menjadi salah satu hari bersejarah yang dikenang karena telah melahirkan sebuah ikrar pemersatu bangsa Indonesia.

Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.

“Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia . Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan 17 Agustus 1945.

“Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama,” sambungnya.

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda dan bertekad untuk bersatu. Salah satunya karena mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang dikelompok sendiri-sendiri.

SMAN 4 Pekanbaru sebagai salah satu wadah pendidikan memperingati sumpah pemuda dengan menggelar acara fashion show pakaian adat daerah Indonesia. Di ikuti oleh peserta didik, seluruh warga sekolah ikut menyaksikan lomba fashion show.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj. Yan Khoriana, M.Pd mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung agar peringatan sumpah pemuda di SMAN 4 pekanbaru menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, ungkap beliau dalam menyampaikan pidato sebagai pembina upacara.

Berbagai pakaian adat daerah ditampilkan oleh siswa siswi akan menumbuhkan  bentuk kecintaan terhadap negeri Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *