PIK – R SMA Negeri 4 Pekanbaru menjadi PIK-R terbaik se-provinsi Riau tahun 2018

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) SMAN 4 Pekanbaru kembali meraih juara 1 dalam ajang lomba PIK – R se- Provinsi Riau tahun 2018.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj . Yan Khoriana,M.Pd menerima langsung piala Juara 1 dari Pembimbing PIK- R SMA Negeri 4 PekanbaruĀ  Dra. Sakdiah pada saat pelaksaan Upacara bendera, Senin (16 /04/2017), didampingi peserta Lomba.

PIK- R sendiri adalah singkatan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang merupakan sebuah wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Sementara, ruang lingkup PIK-R melipuiti aspek-aspek kegiatan pemberian informasi PKBR, pendewasaan usia perkawinan, keterampilan hidup (life skills), pelayanan konseling, rujukan, pengembangan jaringan dan dukungan serta kegiatan-kegiatan pendukung lainnya yang sesuai dengan ciri dan minat remaja.

Guru Pembimbing PIK- R SMA Negeri 4 PekanbaruĀ  Dra. Sakdiah mengatakan, beberapa program dan materi serta kegiatan yang dilaksanakan siswa setiap sabtu pulang sekolah diantaranya, kegiatan PIK R.

Seperti kebijakan program GenRe, penanaman nilai-nilai moral melalui 8 fungsi keluarga, pendewasaan usia perkawinan, seksualitas, NAPZA, Hiv Aids, keterampilan hidup, ketahanan keluarga berwawasan gender, komunikasi efektif orangtua terhadap remaja, peran orang tua terhadap pembinaan tumbuh kembang remaja, kebersihan dan kesehatan diri remaja dan pemenuhan gizi remaja.

“Kegiatan serta program ini dibantu guru-guru pembimbing bersama dengan guru-guru BK serta kita juga bekerjasama dengan Puskesmas di lingkungan sekolah,” ungkap Sakdiah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *