Kurban Ajarkan Keikhlasan kepada Siswa

SMAN 4 Pekanbaru menyembelih enam sapi, Sabtu (26/9/2015). Penyembelihan hewan kurban itu sebagai upaya mengajarkan keikhlasan dan ketaqwaan kepada siswa.
Demikian dikatakan Kepala SMAN 4 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd. Enam sapi itu merupakan hewan Kurban para siswa, guru dan orang tua siswa.

“Tahun ini kita sembelih enam sapi. Pesertanya siswa, guru, dan orang tua siswa,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya menyiapkan 400 kupon yang diberikan kepada siswa, guru, warga sekitar dan tim kuning. Kegiatan tahunan ini, menurutnya, untuk meningkatkan iman dan taqwa para peserta didiknya.

Disebutkannya, ini merupakan proses pembelajaran bagi siswanya. Para siswa diajarkan bagaimana menanamkan keikhlasan seperti nabi Ismail yang dengan keikhlasannya disembeli demi menjalankan perintah Allah dan nabi Ibrahim yang dengan ketaqwaan dan kesabarannya.

“Kita patut mencontoh keikhlasan nabi Ismain dan ketaqwaan nabi Ibrahin serta ketabahan Siti Hajar, nilai ini yang perlu kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Kegiatan ini juga mengajarkan siswa bagaimana tata cara menyembelih hewan Kurban. “Sekaligus memberikan pelajaran agama, mudah-mudahan nanti anak kita bisa terjun ke masyarakat untuk menyembelih kurban,” imbuhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *