Siswa SMAN 4 Pekanbaru Juara I ETC di PCR

Siswa SMAN 4 Pekanbaru berhasil meraih juara 1 lomba elektronika telekomunikasi challenge (ETC) yang diadakan Politeknik Caltex Riau (PCR) beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut bertajuk ‘PCR Education Expo’ yang digelar di Atrium Kampar Mall SKA.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Nurhafni MPd mengatakan, pameran ini diikuti peserta dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) berbagai daerah. Selama pameran, PCR juga mengadakan perlombaan untuk para pelajar SD hingga SMA. Acara yang digelar dari tanggal 29 April hingga 3 Mei 2015 ini bertujuan untuk mengenalkan PCR secara langsung kepada masyarakat luas.

“Selain diadakan lomba ETC, PCR juga mengadakan lomba HTML 5 untuk siswa-siswi SD dan lomba merangkai robot soccer untuk siswa SMA/SMK. Selain itu, juga diadakan lomba line tracking dan lomba merangkai elektronik dasar,” jelas Nurhafni kepada datariau.com saat berbincang di ruang kerjanya, Kamis (7/5/2015).

Nurhafni menambahkan, terpilihnya peserta didik sekolah yang dipimpinnya untuk mengikuti lomba ETC, sebab setiap hari Sabtu di sekolah ini ada pengembangan diri akademik.

“Alhamdulillah, kita bersyukur sudah banyak prestasi yang diraih oleh peserta didik. Namun itu semua berkat kerjasama dari guru-guru pembina, keseriusannya dan keikhlasannya. Semoga anak-anak dapat terrus meningkatkan prestasi sampai ke tingkat provinsi dan nasional,” harapnya.

Pembina pengembangan diri akademik SMAN 4 Pekanbaru Dra Neprita yang juga merupakan guru Fisika mengatakan, pameran ini juga bertujuan untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang tepat jatuh pada tanggal 2 Mei.

“Reward yang didapat para peserta didik kita itu berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan. Sementara untuk penilaiannya sehingga mereka bisa meraih juara, itu dilihat dari kerapian, kecepatan dan kerjasama tim,” ungkap Neprita.

Seorang siswa SMAN 4 Pekanbaru yang meraih juara Nanda Toho Paris, siswa kelas XI IPA2 mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan PCR tersebut bisa menambah pengetahuannya tentang teknik elektronika, informatika dan sebagainya.

“Kegiatan yang dilaksanakan PCR sangat bagus, karena dapat menambah pengetahuan serta pengalaman kami. Dengan prestasi yang saya dapat, khususnya sertifikat yang didapat sekarang, bisa membantu saya masuk perguruan tinggi nantinya,” ujar Toho.

Peserta lainnya Daniel Togar Harianja kelas X5 SMAN 4 Pekanbaru menjelaskan, kegiatan yang diadakan oleh PCR ini merupakan agenda tahunan. Dimana, pada tahun lalu, tim EYC dari sekolahya juga mendapatkan juara 1.

“Tahun lalu sekolah kami juga mendapatkan juara 1, dan kita berharap agar nanti adik-adik kelas bisa mempertahankan prestasi ini. Untuk tim yang dikirim sekolah pada perlombaan itu, ada dua tim. Namun, hanya satu tim yang berhasil meraih juara, yakni tim dengan nama Nanda Toho Paris, Daniel Togarr Harianja dan Peniel,” tambah Daniel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *