SMAN 4 Pekanbaru Beri Daging Qurban Untuk Petugas Kebersihan

Berbagai cara dilakukan sekolah dalam rangka berbagi kepada sesama di hari raya Idul Adha dengan ibadah qurban, jika sekolah lainnya hanya membagikan daging qurban untuk kalangan warga sekolah dan warga sekitar sekolah, beda dengan SMAN 4 Pekanbaru yang lebih memperhatikan petugas kebersihan yakni yang biasa disebut pasukan kuning.

“Alhamdulillah proses penyembelihan dan pembagian daging qurban berjalan lancar, selain untuk kalangan sekolah dan warga setempat, daging qurban ini akan kita bagikan kepada pasukan kuning Pekanbaru,” ujar Kepala SMAN 4 Hj Nurhafni MPd, saat dikonfirmasi di sela-sela pembagian hewan qurban di sekolahnya.

Untuk tahun ini, kata Nurhafni, sebanyak 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing diqurbankan di sekolahnya. Daging qurban tersebut, selain dibagikan kepada pasukan kuning juga dibagikan kepada masyarakat sekitar.

“Tahun ini jumlah peserta qurban meningkat dari tahun lalu. Tahun lalu hanya 4 ekor sapi, namun tahun ini bertambah menjadi 5 sapi dan 4 kambing. Semoga tahun depan akan meningkat lagi,” tutur Nurhafni.

Adapun peserta qurbannya yakni para guru, staf tata usaha, dan siswa. Untuk kepanitiaan, sambung Nurhafni, selain panitia sekolah yang melibatkan guru, para siswa juga ikut membantu. Diikutkan siswa dalam kepanitiaan ini dengan tujun agar siswa mengerti dan memahami makna qurban dan menumbuhkan sikap peduli dan peka terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan.

Pada acara pemotongan hewan qurban tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Prof Dr Zulfadil SE MBA, perwakilan AURI Mayor Edison, perwakilan Kemenag Kota Pekanbaru HM Nazar SAg, dan perwakilan Kelurahan Maharatu atas nama Mahdawi.

Disamping pelaksanaaan qurban, OSIS juga melaksanakan lomba seni baca Alquran pada hari sabtu yang lalu. Dilaksanakan di mushala SMAN 4 dan lomba gema takbir.

“Kegiatan qurban ini terlaksana, dari siswa kita menabung setiap bulannya dan ada buku tabungannya melalui wali kelas masing masing. Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada orang tua siswa yang juga berperan dalam pelaksanaan qurban ini dan juga kepada guru-guru serta pegawai. Semoga niat iklhlas untuk berkorban dapat berkahnya dan manfaat bagi kita semua,” ujar ketua panitia qurban Drs Khairil Abas M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *