SMAN 4 Pekanbaru Adakan Seminar Pendidikan Anti Korupsi

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidkan Kota Pekanbaru Prof Dr Zulfadil SE MBA, saat seminar pendidikan anti korupsi yang diadakan di SMAN 4 Pekanbaru, Senin (1/9/2014). Menurutnya, seminar ini sangat baik, tujuannya untuk membangun kesadaran siswa sejak dini, tentang korupsi itu adalah sesuatu yang tidak baik. Baik itu untuk jiwa, diri dan keluarga, jadi sejak dini harus diterapkan pendidkan anti korupsi kepada mereka.

“Sedangkan pengertian anti korupsi adalah semua tindakan yang melawan, memberantas, menentang dan mencegah terjadinya korupsi. Jadi, pengertian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan pemahaman dan penanaman nilai-nilai anti korupsi di sekolah,” ujar Zulfadil.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Nurhafni MPd, mengatakan, Indonesia termasuk salah satu negara terkorup sulit sekali dalam memaksimalkan pembangunan karena banyaknya uang negara yang dikorupsi. Salah satu kekeliruan upaya pemberantasan korupsi selama ini adalah terlalu fokus pada upaya menindak para koruptor. Sedikit sekali perhatian pada upaya pencegahan korupsi.

“Untuk itu SMAN 4 Pekanbaru mengadakan kegiatan Seminar Pendidikan Anti Korupsi yang bertujuan menanamkan nilai-nilai antikorupsi. Seperti jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, dan peduli. Sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai korupsi,” ujar Nurhafni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *