SMAN 4 Pekanbaru Juara II Pameran Pendidikan dan Tekhnologi Tepat Guna

Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah melaksanakan serangkaian kegiatan lomba saat Hari Jadi Provinsi Riau kemarin. Dalam serangkaian lomba tersebut, SMAN 4 Pekanbaru berhasil meraih juara II lomba pameran pendidikan teknologi tepat guna.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Nurhafni MPd, menjelaskan, kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan Provinsi Riau ini dimulai sejak tanggal 11 sampai 13 Agustus 2014. Bertempat di halaman Dinas Pendidikan Provinsi Riau Jalan Cut Nyak Dien.

Adapun keunggulan pameran dari SMAN 4 Pekanbaru yaitu teknologi tepat guna dengan memanfaatkan kulit bawang yang dapat dimanfaatkan kembali, diantaranya sebagai perhiasan.

“Lalu ada juga pemanfaatan sampah organik dan unorganik, dan yang lebih menarik lagi yaitu pemanfaatan kertas koran, dimana kertas koran tersebut bisa mempunyai nilai tinggi dan bermanfaat. Kemudian ada proses pembuatan kompos dan lainnya,” ujar Nurhafni, Sabtu (16/8/2014).

Menurut Nurhafni, dari sekian banyak peserta SMA dan SMK serta ada juga yang dari perguruan tinggi, SMAN 4 meraih juara II dan mendapat sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ir Dr Dwi Agus Sumarno MSi. Dalam pameran tersebut prestasi-prestasi dan hasil karya siswa juga ditampilkan.

“Apalagi Kadisdik Riau melihat tabulapot (tanaman buah dalam pot), dan juga mendapat sambutan yang baik dari pengunjung pameran lainnya. Saya sangat bersyukur atas prestasi yang diperoleh sekolah, yakni dapat meraih juara II dalam pameran pendidikan dan tekhnologi tepat guna. Walaupun kita bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Riau ini, itu sudah merupakan sebuah prestasi yang membanggakan,” tuturnya.

Nurhafni juga menambahkan, jika sekolah sangat menyambut baik kegiatan pameran ini, karena dengan kegiatan seperti ini, SMAN 4 dapat memperkenalkan sekolah kepada masyarakat. Terlebih dari hasil karya siswa, guru, dan prestasi-prestasi yang telah diraih sekolah, kegiatan ini juga dapat terlaksana dan dapat diikuti oleh sekolah, itu semua berkat kerjasama guru dan siswa SMAN 4 Pekanbaru.

“Dimana guru yang diberi tanggung jawab penuh semangat dan akrabnya dengan siswa, apalagi menurut saya, yang mengikuti pameran cukup banyak. Diantaranya SMKN 2, SMKN 4, SMAN Plus, SMAN pertanian, dan juga dari Perguruan Tinggi,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *